Normalisasi

Normalisasi

Normalisasi adalah proses desain database yang bertujuan untuk mengurangi redundansi data, memastikan integritas data, dan memperbaiki efisiensi penyimpanan data. Normalisasi dilakukan dengan membagi tabel besar menjadi tabel yang lebih kecil dan lebih terorganisir, dan menghapus ketergantungan data yang tidak diperlukan. Ada beberapa level normalisasi, yaitu:

1. First Normal Form (1NF)
Tabel dalam 1NF memiliki semua kolom dengan nilai atomik (tidak terbagi lagi), setiap baris dalam tabel memiliki nilai yang unik, dan tidak ada duplikasi data di dalam tabel.

2. Second Normal Form (2NF)
Tabel dalam 2NF sudah memenuhi kriteria 1NF, dan setiap kolom dalam tabel bergantung pada seluruh kunci utama.

3. Third Normal Form (3NF)
Tabel dalam 3NF sudah memenuhi kriteria 2NF, dan tidak ada ketergantungan fungsional antara kolom non-kunci dan kolom kunci.

4. Boyce-Codd Normal Form (BCNF)
Tabel dalam BCNF sudah memenuhi kriteria 3NF, dan setiap ketergantungan fungsional dalam tabel harus berasal dari kunci utama.

5. Fourth Normal Form (4NF)
Tabel dalam 4NF sudah memenuhi kriteria BCNF, dan tidak ada ketergantungan multivariat dalam tabel.

6. Fifth Normal Form (5NF)
Tabel dalam 5NF sudah memenuhi kriteria 4NF, dan tidak ada ketergantungan join yang tidak diperlukan dalam tabel.

Normalisasi bertujuan untuk memastikan bahwa struktur database tidak hanya efisien secara penyimpanan, tetapi juga dapat meminimalkan risiko kesalahan data dan memudahkan pemeliharaan database. Proses normalisasi dapat membantu pengguna untuk memahami hubungan antara tabel dalam database dan membantu pengguna dalam melakukan manipulasi data dengan lebih mudah. Namun, normalisasi juga dapat memerlukan waktu dan upaya yang signifikan untuk melaksanakan, sehingga perlu dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan didasarkan pada kebutuhan bisnis dan penggunaan database yang sebenarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Praktikum Database

TCL - Transaction Control Language

apa itu RESTful api?