Field - Struktur Database

Field 


Field pada database adalah bagian dari tabel yang menggambarkan atribut atau karakteristik dari setiap record atau baris pada tabel. Field juga sering disebut sebagai kolom, dan terdiri dari tipe data dan nama field yang didefinisikan dalam struktur tabel.

Contoh field pada tabel karyawan adalah nama, alamat, tanggal lahir, dan gaji. Setiap record pada tabel karyawan akan memiliki nilai yang berbeda-beda pada setiap field, misalnya nama "John Doe", alamat "Jl. Raya 123", tanggal lahir "15-08-1990", dan gaji "5.000.000".

Tipe data yang digunakan pada field harus didefinisikan dengan baik untuk memastikan bahwa nilai yang disimpan di dalamnya sesuai dengan jenis data yang diharapkan. Beberapa tipe data yang umum digunakan pada field adalah teks, angka, tanggal, waktu, dan boolean.

Selain tipe data, setiap field juga dapat memiliki batasan atau aturan yang didefinisikan untuk memastikan bahwa data yang disimpan di dalamnya valid dan sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Aturan-aturan ini dapat berupa panjang karakter maksimum, format tanggal atau waktu tertentu, dan nilai minimum atau maksimum yang diperbolehkan.

Field juga dapat digunakan sebagai kunci utama atau foreign key pada tabel yang terhubung dalam database. Kunci utama adalah field yang memiliki nilai unik untuk setiap record pada tabel, sedangkan foreign key adalah field yang digunakan untuk menghubungkan satu tabel dengan tabel lainnya dalam relasi atau hubungan.

Comments

Popular posts from this blog

Praktikum Database

TCL - Transaction Control Language

apa itu RESTful api?