DEFAULT - Constraint

 DEFAULT

DEFAULT pada SQL adalah constraint yang digunakan untuk menentukan nilai default pada kolom tertentu ketika tidak ada nilai yang diberikan saat memasukkan data ke dalam tabel.

Contohnya, sebuah tabel "employees" memiliki kolom "gender", dan Anda ingin menentukan nilai default untuk kolom tersebut sebagai "Unknown" jika tidak ada nilai yang diberikan saat memasukkan data. Anda dapat menambahkan constraint DEFAULT pada kolom "gender" seperti berikut:



Dalam contoh ini, constraint DEFAULT menentukan bahwa jika tidak ada nilai yang diberikan saat memasukkan data ke kolom "gender", maka nilai default akan menjadi "Unknown". Jika Anda memasukkan data ke dalam tabel dan tidak memberikan nilai untuk kolom "gender", maka nilai default akan digunakan.

Anda juga dapat mengubah nilai default pada kolom yang sudah ada dengan menggunakan perintah ALTER TABLE:



Dalam contoh ini, nilai default pada kolom "gender" diubah dari "Unknown" menjadi "Not Specified". Semua baris yang sudah ada di tabel tidak akan terpengaruh oleh perubahan ini, kecuali jika baris tersebut dimodifikasi atau jika nilai kolom "gender" diubah secara eksplisit.

Comments

Popular posts from this blog

Praktikum Database

TCL - Transaction Control Language

apa itu RESTful api?